Latest topics
» Assalamualaikum
Sat Nov 09, 2013 10:41 pm by umam

» Selamat Pagi
Fri Nov 08, 2013 1:50 pm by Tertio_kd

» Test dulu
Thu Nov 07, 2013 10:12 am by tanti

» Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Tue Sep 07, 2010 9:30 am by Meitina (MeTz)

» Let's Talk About Money!
Thu Sep 02, 2010 8:17 pm by irman.restiadi

» Kerugian Akibat Kurang Tidur
Thu Aug 26, 2010 7:06 pm by Ayu Puspita

» Kok sepi lagi....?
Thu Aug 26, 2010 7:03 pm by Ayu Puspita

» Vacation to Pulau Tidung
Thu Aug 26, 2010 3:41 pm by Eine

» Popok Kain a.k.a. Cloth Diaper Pempem!
Thu Aug 26, 2010 3:33 pm by Eine

Poll

Apa tujuan kamu gabung Forum 2002..?

59% 59% [ 22 ]
11% 11% [ 4 ]
8% 8% [ 3 ]
11% 11% [ 4 ]
11% 11% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Votes : 37

Who is online?
In total there is 1 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 1 Guest

None

[ View the whole list ]


Most users ever online was 40 on Wed Jul 07, 2010 4:03 pm

Politik Kantor

View previous topic View next topic Go down

Politik Kantor

Post by Eine on Sun Mar 30, 2008 12:29 pm

Di kantor, struktur jabatan dan click berpotensi menciptakan politik kantor.

Secara struktural atasan dan bawahan berpotensi untuk bersebrangan pendapat - bentrok kepentingan bahkan. Dan click atau hubungan pertemanan, berpotensi menciptakan gank yang akhirnya menyebabkan jabatan secara sosial ternyata lebih kuat dari jabatan secara struktural.

Nah, buat yang udah kerja, situasi politik kantor yang kayak apa sih yang sering membuat lo sering terpaksa bersabar atau sering tidak sabar?

Apakah lo memilih untuk bertahan di kubu tertentu, atau memilih netral dan jadi diri sendiri, atau ada pengalaman lain yang bisa lo share di sini?

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by Ayu Puspita on Sun Mar 30, 2008 1:46 pm

dulu..ada orang divisi sebelah yg baweelll n juteekkk buangeth!!! dan tipe yg rada mengadu domba gitu...ga bisa deh liat orang salah dikiitt...aja! pasti langsung di'sepet' abis2an!! ya berhubung posisi masih juru kunci ya mo ga mao cuma bisa ngedumel dalam hati dan berusaha tetap tersenyum dan ga ambil pusing...

hm..untungnya gw emg ga tlalu bnyk berhubungan ama dia. tapi gimana pun juga risih aja dengerin dia ngomongin koleganya sendiri (yg bahkan lebih tua, pernah 'ditusuk dari belakang' tuh ma dia!!) dan juga merintah2 bawahannya sendiri dgn style yg super jutek dan rese.

gw sih milih netral aja...sebisa mungkin nyibukin diri deh... jgn sampe deh kemakan omongan tu orang, apalagi sampe ikut2an ngomongin org laen... ya kalo terpaksa mesti ngasi komentar, ya senyum2 simpul aja. ga usah nanggapin balik, apalagi ngomporin...
punya sobat kental 1-2 orang oke2 aja, tapi tetep kalo urusan kantor mending ga usah banyak curhat sana-sini...we never know what's really on our friend's mind, right?! kadang yg ngaku temen suka kejam juga kan...

keep smile and be nice aja lah ma semuanya...ga usah ikut2an...kalo emg kerja lo bagus dan lo baek ma semuanya, udah pasti si Bos juga nyadarin hal itu..dan lo juga pasti disenengin ma temen2 lo! ga mesti jadi licker buat bisa nge"blend' sama situasi kantor..

sepanjang masih jadi bawahan ya emang mesti banyak sabar...
kalo ngga sabar...ya jadi bos dong! ato jadi dubber aja..hehehe!

Ayu Puspita
Mahasiswa Semester 2
Mahasiswa Semester 2

Female
Number of posts : 1469
Age : 32
Location : Indonesia
Registration date : 2007-11-25

http://www.yahoo.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by AGUN on Sun Mar 30, 2008 10:05 pm

Sedapat mungkin menjaga tenggang rasa....Liat kanan - kiri, dan belajar untuk lebih banyak berdiskusi...

Sikut-sikutan kemungkinan besar terjadi...tetapi, ingat nasihat kanan - kiri, jaga hubungan baik dengan siapapun, jangan ngeblok.....Netral aja..

Kalau di buat dilema, inget posisi, kalau rewel dikit bisa terancam, lebih baik diem aja...Tapi kalo udah jengah, usahakan minum jus buah-buahan segar, lampiaskan marah sama bantal, makan pisang, dan berdoa untuk minta petunjuk pada-Nya...

Dwi Guna S.Psi
Praktek Jam Kerja
021-302 98 456

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by umam on Mon Mar 31, 2008 11:22 am

AGUN wrote:Dwi Guna S.Psi
Praktek Jam Kerja
021-302 98 456
wah...kapan kuliah psikologi gun? Surprised
dah dapet izin praktek juga ya? Surprised Surprised

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by AGUN on Mon Mar 31, 2008 2:42 pm

Weits...Gak kuliah kok Mam...

Itu gelar kehormatan...Honoris Causa....

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by Eine on Mon Mar 31, 2008 4:30 pm

AGUN wrote:Sedapat mungkin menjaga tenggang rasa....Liat kanan - kiri, dan belajar untuk lebih banyak berdiskusi...

Sikut-sikutan kemungkinan besar terjadi...tetapi, ingat nasihat kanan - kiri, jaga hubungan baik dengan siapapun, jangan ngeblok.....Netral aja..

Kalau di buat dilema, inget posisi, kalau rewel dikit bisa terancam, lebih baik diem aja...Tapi kalo udah jengah, usahakan minum jus buah-buahan segar, lampiaskan marah sama bantal, makan pisang, dan berdoa untuk minta petunjuk pada-Nya...

Dwi Guna S.Psi
Praktek Jam Kerja
021-302 98 456

Hubungan antara jus buah segar dan pisang dengan sikut-sikutan apa ya?

Apakah buah segar & pisang memiliki fungsi tertentu terhadap ketenangan batin, gitu?

Ini telepon konsultan psikologi apa toko buah segar sih? What a Face

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by ADE_AcilDahgEde on Mon Mar 31, 2008 11:37 pm

Rules di dunia kerja:
1. Atasan selalu benar...
2. kalo atasan salah, liat aturan no 1...
Hwehehe...
("becandaan" ini hasil dari pengalaman nyata hampir setiap orang sepertinya...)

Ya, gw mungkin belom ngerasain jadi atasan, tapi selama gw kerja ini emang gitu keadaannya... Sulit ya ngakuin kesalahan kalo yang nasihatin bawahan...
Kalo soal sikut2an, gw yang baru masuk apalagi jadi PNS kayanya ga terlalu kawatir deh, gw yakin sama kebersamaan angkatan gw, kita berjuang bareng, lulus bareng, dan kalopun yang bakalan dapet promosi lebih dulu nanti itu emang karena mereka lebih baik dari yang lainnya, bukan karena sikut2an (ato emang gw sendiri aja yah yang belom 'engeh sebenernya nanti bakalan kaya gitu)

Macem2 atasan juga beda selama pengalaman gw, ada yang ngeselinnya minta ampun (seneng liat orang susah, susah liat orang seneng)
Ada juga yang bisa ampe kaya temen, dy sama sekali ga ngasih gap dalam berinteraksi dikantor, dalam hal apapun...Padahal dy jauh lebih senior...

Kalo politik kantor dilingkungan gw sih (yang gw denger) adanya perang antara lulusan STAN dan lulusan dari luar STAN... kalo denger cerita senior, percaya ga percaya juga, kalo yang dari luar STAN tu suka jelek2in lulusan STAN (yang paling berpotensi jadi koruptor lah, males2 lah)
Dan mereka berusaha menduduki jabatan2 strategis dalam sistem mutasi dan promosi di kantor gw...
Itu cerita pengalaman senior gw, yang udah pengalaman lebih banyak...

Awalnya gw ga ngerasa sama sekali ada nuansa kaya gitu dikantor, semuanya fine2 aja, tapi akhir2 ini gw mulai bisa tau dunia kerja tu serem juga yah...
mesti ati2 ngomong, "dinding aja punya kuping", ungkapan ini sama sekali ga berlebihan...it's true...
Misal, pas A sama B ketemu senyum2, salaman hangat, pren abis deh...Eh pas A ngobrol sama gw, "B tuh ...bla &#*%% bla bla...", gantian B ngobrol sama gw, "Si A tuh ...bla&*$%...bla bla&*%..."
Segitunya yah...

Ada ungkapan yang lumayan ngena utk keadaan Instansi gw...(dulu... sekarang Depkeu udah modern kawan -setidaknya kami berusaha dan sedang memperbaiki instansi ini- doakan yah)
Ibarat sungai, didalamnya arus jelek kuat banget, tinggal lo milih mau ikut arus, ato ngelawan arus, sementara posisilo cuma sebagai batu kecil di sungai itu...lo belom punya kemampuan untuk membendung apalagi membalikan arus jelek itu kearah kebaikan...
banyak yang awalnya yakin bisa ngelawan arus eh malah kebawa juga, mending jadi batu kecil didasar sungai aja dulu deh, berusaha sekuat mungkin ga kebawa arus....
waktu di dinas di Medan kerasa banget bro arus itu...

"Waktu kuliah bisa berkoar kalo ga bakal korup, iya belom pernah ditaro duit dihadapanlo yang jumlah angkanya 8-10 digit sih, baru disodorin "natura" n duit 5-7 digit aja udah kelepek2..." komentar senior juga nih...

Abis pindah ke Kantor Pusat...gw ngeliat kok banyak orang baik, pinter, dan mau merubah instansi ini jadi lebih baik...Dan emang banyak orang yang ga suka, apalagi kalo borok masa lalunya bakaln kebongkar...Wah, Direktorat gw mah udah difitnah berkali2 sama oknum2 tersebut...Sampe Direktur gw sempet diganti...
Wah panjang lagi lah kalo mau diceritain...

Intinya gw ngerasain ada politik kantor itu, dan kita ga bisa diem aja lho, ujug2nya nanti kita jadi kambing hitam (padahal ga tau apa2 ato emang karena ga tau apa2), ato bakalan kebawa arus...
Kita mesti bekalin diri ama pengetahuan, dan apapun yang bisa bikin kita survive di kantor (dalam arti positif)...
Integritas...
Profesionalitas...
Disiplin...
Inovasi...
Ikhlas...
dst...
Satu lagi...
Kalo lo punya apa yang perusahaan lo butuhin, lo bisa maju...
Dan disikut kaya apapun lo bisa survive...
hwehehhe...
(waaah panjaaang...sok tau yee gw, hehehe....ga bermaksud sok tau kok hanya berbagi pengalaman dan pengetahuan aja)

ADE_AcilDahgEde
Kelas 4 SD
Kelas 4 SD

Male
Number of posts : 500
Age : 32
Location : Under Your Bed...
Job/hobbies : Abdi Negara, pemain sepakbola amatir...
Registration date : 2007-11-12

http://profiles.friendster.com/ankcilbotakygbencipaprika

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by Eine on Tue Apr 01, 2008 12:06 pm

Aaamiiin....gw doain biar ga cuma depkeu, tapi dep-dep yang lain juga tambah bener dan lurus serta berkemauan keras bikin negara kita tambah bener... aaammmiiiiiin......

Intinya gw ngerasain ada politik kantor itu, dan kita ga bisa diem aja lho, ujug2nya nanti kita jadi kambing hitam (padahal ga tau apa2 ato emang karena ga tau apa2), ato bakalan kebawa arus...

Setuju. Kalo diem aja lo gak akan bisa kelihatan sebagai diri lo sendiri. Sesekali perlu juga kita menyampaikan pendapat yang sebenarnya, ga melulu "iya pak, iya bu".

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by chibitaza on Tue Apr 01, 2008 1:36 pm

Itulah Pentingnya belajar berorganisasi semasa sekolah dulu...

biar bisa bijak dalam menghadapi politi kantor, emang terkesannya ngga penting tapi manfaat banget..

gw sech tentunya lebih memilih netral, tapi tidak menutup kemungkinan untuk memilih memihak guna tercapainya keputusan. karena tidak sepenuhnya memihak itu salah.

toh netral bisa jadi dia tidak mengerti, ngga mau tau, ngga mau ikut2an, atau emang bener2 bijak dalam menilai situasinya....

_________________
--Laksmana Tri Moerdani, S.Kom., S.Si
--Database Engineer PT.McDermott International

http://www.gulaipenguin.com
Hp: (+62 815) 91 34541

chibitaza
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 1621
Age : 32
Location : Bekasi - Jakarta
Job/hobbies : Web Design, Graphic Design, 3D Animator
Registration date : 2007-10-17

http://www.laksmanatrimoerdani.co.cc

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by andika/15.25.ipa2 on Sat Apr 05, 2008 2:23 pm

ini topik tujuannya buat ngebesarin hati pengangguran ya...?

beruntunglah jadi 'pengangguran'...

andika/15.25.ipa2
Kelas 4 SD
Kelas 4 SD

Male
Number of posts : 451
Age : 32
Location : old trafford
Job/hobbies : pelayan/menyapu, mencuci, masak,..
Humor : gak punya selera humoryg tinggi, jrg ketawa
Registration date : 2007-11-13

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by sap7 on Sat Apr 05, 2008 3:33 pm

enakan kata ayu... jadi freelance...

politik kayanya cuma ada ditempat yang memakai sistem jenjang karir deh..

kalo mau masuk ke dalam jenjang karir di tempat kerja, ya mau ga mau harus ikut politiknya... pelan dan pasti akan ada di posisi pemegang haluan.

kalo mau pilih arah sendiri.. masuk ke jejaring keahlian dan keterampilan aja... ada tapi tak bisa dimiliki..

@andika: pengangguran itu 'tempat bikin wine' ya?? miras tuh.
ada yang punya kebon anggur ga?? winery-nya udah ada apa belom?? Very Happy

sap7
Kelas 2 SMP
Kelas 2 SMP

Male
Number of posts : 852
Age : 32
Location : Jakarta Indonesia
Job/hobbies : jakarta govt
Registration date : 2007-11-09

http://www.facebook.com/home.php?#!/ssatriaputra

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by AGUN on Sat Apr 05, 2008 9:28 pm

Tapi emang bener sih, di masalah jenjang karir.....Posisi si A , bisa mengancam apa yeng dikerjakan B....Tapi selagi niat kita mau memberikan yang terbaik...Lakukan aja...

Kalo perlu , Show Of abis-abisan....Its your own life....You may have anything to do, if you think its right...

Tapi gak di semua tempat kali yaa begitu.....

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by Ayu Puspita on Sun Apr 06, 2008 12:41 pm

Betul Sapta..hidup freelancer!!

tuk Ine: bener emang kita ga bisa AB/IS (asal bapak/ibu senang) dan cuma bilang iya...
tapi emang msti bisa 'baca' situasi, kapan harus menyenangkan bos (untuk hal2 remeh deh...ngapain nyari perkara! lagian bikin seneng orang tua juga berpahala kan), dan kapan harus ngungkapin pendapat (tentunya ini kalo udah menyangkut 'prinsip' dan 'nilai2' yg kita anut)
krn gimana pun juga bawahan (hampir) selalu jadi kambing hitam. hmm..kata temen gw, ga selamanya kita bisa selalu netral, sometimes we have to be in the grey area, whether you like it or not... gw rasa ada benernya, walo gw ga setuju utk jadi pihak "abu-abu". tapi harus diakuin lah, dunia kerja, mo freelance ato kantoran, bahkan hidup kita sehari2, semuanya politik.. biar di depan senyum2, di belakangnya bisa aja nusuk pake piso karatan (hiihh...sadis!)

jadi ya tetep...be nice to everyone. bukan berarti munafik..tapi ya baik ajalah...percaya aja klo semua orang pada dasarnya baik dan berhak untuk kita baikin juga (walo kenyataannya ngga yach..hehe..), karena yg paling aman ya bersikap tulus, sabar dan ikhlas (nasehat nyokap negh!)

Agun kayak selebritis aja nih...ampe dapet honoris causa...
kalo gw dapetnya tiap tanggal 15 sama 26, Gun..(eh, itu honor denk..hihi..)

Ayu Puspita
Mahasiswa Semester 2
Mahasiswa Semester 2

Female
Number of posts : 1469
Age : 32
Location : Indonesia
Registration date : 2007-11-25

http://www.yahoo.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by AGUN on Mon Apr 07, 2008 10:09 pm

Yaah...Gw dapet honorisnya karena pengabdian Yu...Halah...

Btw, tgl 16 ini ngumpul di tempat Ayu ya....

Bener sih.....Tapi sebetulnya yang lo bilang abu-abu tuh netral lagi....

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by ADE_AcilDahgEde on Tue Apr 08, 2008 10:55 am

Eh bener nih Gun tanggal 16 kumpul ditempat Ayu??
mumpung Ayu baru dapet honor yak??
ikuuut...

ADE_AcilDahgEde
Kelas 4 SD
Kelas 4 SD

Male
Number of posts : 500
Age : 32
Location : Under Your Bed...
Job/hobbies : Abdi Negara, pemain sepakbola amatir...
Registration date : 2007-11-12

http://profiles.friendster.com/ankcilbotakygbencipaprika

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by Ayu Puspita on Tue Apr 08, 2008 11:40 am

gosip apa pula ini hah??!!!!
udah dibilangin gw kapok gr2 pertemuan yg dulu...tar dateng ga bakal gw kasih apa2!!!

Gun, abu2 itu sih bukannya netral, tapi 'nyaru'. bisa ikut ke putih, dan kadang ngeblend sama yg hitam...
kayak ga punya pendirian..
tapi ga bisa dipungkiri, emang kadang sikon menyudutkan kita untuk terpaksa memilih jadi abu2..
ato bunglon aja sekalian..

Ayu Puspita
Mahasiswa Semester 2
Mahasiswa Semester 2

Female
Number of posts : 1469
Age : 32
Location : Indonesia
Registration date : 2007-11-25

http://www.yahoo.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by AGUN on Wed Apr 09, 2008 12:27 pm

ADE_AcilDahgEde wrote:Eh bener nih Gun tanggal 16 kumpul ditempat Ayu??
mumpung Ayu baru dapet honor yak??
ikuuut...

Nah tu jawabannya ada di atas......

Ayu kan gajian tgl 15...Jadi kalo tgl 16, Ayu lagi baek-baeknya dong....

Nah, kalo ke rumahlo Cil...Kalo gak tgl 2, tgl 3 ya...Jadi dalam sebulan udah kejadwal gitu....

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by Ayu Puspita on Wed Apr 09, 2008 12:45 pm

kalo ke rumah Agun tanggal brapa???

Ayu Puspita
Mahasiswa Semester 2
Mahasiswa Semester 2

Female
Number of posts : 1469
Age : 32
Location : Indonesia
Registration date : 2007-11-25

http://www.yahoo.com

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by AGUN on Wed Apr 09, 2008 12:51 pm

Tanggal 29 boleh, gmandra??

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by chibitaza on Thu Apr 10, 2008 8:20 am

AGUN wrote:Tanggal 29 boleh, gmandra??

yuuukk...

ada makan2nnya lagi kan??

hehehehe Laughing Laughing Laughing

_________________
--Laksmana Tri Moerdani, S.Kom., S.Si
--Database Engineer PT.McDermott International

http://www.gulaipenguin.com
Hp: (+62 815) 91 34541

chibitaza
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 1621
Age : 32
Location : Bekasi - Jakarta
Job/hobbies : Web Design, Graphic Design, 3D Animator
Registration date : 2007-10-17

http://www.laksmanatrimoerdani.co.cc

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by AGUN on Thu Apr 10, 2008 10:26 pm

Boleh-boleh Ci...Silahkan Oom..Hehe

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Politik Kantor

Post by Sponsored content Today at 6:52 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum