Latest topics
» Assalamualaikum
Sat Nov 09, 2013 10:41 pm by umam

» Selamat Pagi
Fri Nov 08, 2013 1:50 pm by Tertio_kd

» Test dulu
Thu Nov 07, 2013 10:12 am by tanti

» Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Tue Sep 07, 2010 9:30 am by Meitina (MeTz)

» Let's Talk About Money!
Thu Sep 02, 2010 8:17 pm by irman.restiadi

» Kerugian Akibat Kurang Tidur
Thu Aug 26, 2010 7:06 pm by Ayu Puspita

» Kok sepi lagi....?
Thu Aug 26, 2010 7:03 pm by Ayu Puspita

» Vacation to Pulau Tidung
Thu Aug 26, 2010 3:41 pm by Eine

» Popok Kain a.k.a. Cloth Diaper Pempem!
Thu Aug 26, 2010 3:33 pm by Eine

Poll

Apa tujuan kamu gabung Forum 2002..?

59% 59% [ 22 ]
11% 11% [ 4 ]
8% 8% [ 3 ]
11% 11% [ 4 ]
11% 11% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Votes : 37

Who is online?
In total there is 0 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 0 Guests :: 1 Bot

None

[ View the whole list ]


Most users ever online was 40 on Wed Jul 07, 2010 4:03 pm

Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down

Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 7:06 am

Sejarah kemunculan helm telah lahir sejak zaman Yunani kuno. Pada zaman ini helm merupakan bagian dari teknologi perang yaitu sebagai pelengkap dari baju zirah/baju besi. Melihat peranannya yang cukup penting untuk melindungi kepala penggunanya dari ancaman senjata-senjata musuh maka helm terus berkembang luas.

Helm dianggap sebagai pelindung paling efektif bagi kepala dari tebasan senjata lawan, lesatan anak panah, atau bahkan bidikan peluru berkecepatan rendah (dari senapan awal seperti arquebus). Alhasil hingga zaman romawi klasik, abad pertengahan sampai akhir abad 17, keberadaan helm sebagai perlengkapan pakaian perang ini terus berkembang secara luas, baik di Eropa bahkan sampai ke Jepang.

Sayangnya perkembangan senjata api sangatlah cepat. Dengan kemampuan ilmu pengetahuan manusia yang menakjubkan, maka kecepatan peluru pun semakin tinggi. Akibatnya sejak tahun 1670 penggunaan helm mulai menurun karena dianggap tidak efektif lagi untuk melindungi penggunanya. Sampai akhirnya pada abad 18, para infantri tidak ada lagi yang mengenakan helm sama sekali.

Namun ternyata riwayat helm tidak berakhir sampai di situ saja. Meski kecepatan peluru sudah tak terukur lagi, ternyata akhirnya banyak kalangan yang tetap memandang keberadaan helm sebagai pelindung yang efektif. Hal itu berdasarkan pemikiran bahwa semua tergantung dari teknologinya dan kualitas bahan yang digunakan. Akhirnya pada era Napoleon, penggunaan helm kembali dikukuhkan bagi prajurit kavaleri. Nah, pada maraknya penggunaan artileri berat pada perang dunia I, helm telah mampu menunjukkan fungsinya dalam mengurangi korban akibat serpihan bom atau schrapnel. Pembuktian ini menjadikan helm kembali marak digunakan oleh militer sepanjang waktu kemudian. Sejak pecahnya perang dunia kedua hingga sekarang ini pun helm masih diwajibkan sebagai peralatan standar bagi prajurit.

Sejalan dengan berkembangnya waktu dan teknologi manusia, helm terus berevolusi. Dari sisi aktivitas helm tak lagi hanya dibutuhkan untuk perang, tapi juga dikenakan untuk aktivitas-aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, berkendara atau kegiatan beresiko lainnya. Dari sisi bahan, bentuk, teknologi dan modelnya, helm juga terus berubah.
Sekarang ini helm banyak dibuat dari bahan yang lebih bervariasi selain besi yaitu metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau bahkan plastik yang kuat.

Tapi sekarang hampir 70% orang pake helm bukan alasan akan keselamatan.....tapi banyak yang bilang karena takut polisi,takut di tilang bro.......jadi fungsi helm jadi berubahkan.....dari yang mengfungsikan keselamatan jadi fungsi biar ga ke tilang tok......

alhasil banyak masyarakat ga memilih helm yang berbahan baik,or pemasangannya.....helm bahan yang baik kalo ga di pasang kaitannya ya hasilnya juga percuma....


helm banyak yang jual bro......nyawa kita ga ada yang jual.....

hanya info tanpa mengomentari anda2 yang memakai helm bukan atas nama keselamatan....

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by sap7 on Tue Jul 08, 2008 10:20 am

cerita helm dari rubber juga dong...


sap7
Kelas 2 SMP
Kelas 2 SMP

Male
Number of posts : 852
Age : 32
Location : Jakarta Indonesia
Job/hobbies : jakarta govt
Registration date : 2007-11-09

http://www.facebook.com/home.php?#!/ssatriaputra

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by andre on Tue Jul 08, 2008 11:49 am

wahhhh,,,
helm ternyata dah lama ada ya?!?!
btw, penemu helm tuh siapa ya?!
trus kok bisa ngasi nama "helm" ya?!?!
knapa ga "kornet"?!?!

andre
Mahasiswa Semester 7
Mahasiswa Semester 7

Male
Number of posts : 1987
Age : 32
Location : Chizantoenk
Job/hobbies : IT Engineer - PT Jastrindo Dinamika (Nexcom)
Registration date : 2007-10-23

http://www.facebook.com/andreas.pandu

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 6:40 pm

Kalo helm tuh dulu nama kornet....mugkin dah di jilatin loe mulu ndre Laughing

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by AGUN on Tue Jul 08, 2008 8:32 pm

Haha..Bisa jadi tuh..Trus kornet namanya helm ya...Keren juga..

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 8:54 pm

pas di pake blencek gun...

hiyak,..... Suspect

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 9:25 pm

sap7 wrote:cerita helm dari rubber juga dong...




nah itu dy sap.....gimana ya ceritanya.....lo ada contoh ga???

sebelum ada rubber jangan2 pake bahan dari besi or almunium kale ya????

Laughing Laughing Laughing Laughing

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by sap7 on Tue Jul 08, 2008 10:14 pm

wakakaka... lecet dong...

sap7
Kelas 2 SMP
Kelas 2 SMP

Male
Number of posts : 852
Age : 32
Location : Jakarta Indonesia
Job/hobbies : jakarta govt
Registration date : 2007-11-09

http://www.facebook.com/home.php?#!/ssatriaputra

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 10:16 pm

lecet mah masih bisa di tolerir nah kalo tetanus....

hiyak.... No

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by AGUN on Tue Jul 08, 2008 10:37 pm

Buset..Obrolan om-om yak..

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 10:38 pm

ih enak aja eke di bilang OM-OM

colek nih....

mode lebay = ON

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by AGUN on Tue Jul 08, 2008 10:43 pm

Haha..biasa mangkal di PGC Gus...

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 10:44 pm

AGUN wrote:Haha..biasa mangkal di PGC Gus...

serius loe gun ada yang mangkal di PGC....gw malah ga pernah liat....


biasanya loe liat gun....ajak2x yah

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by sap7 on Tue Jul 08, 2008 10:53 pm

b.dewantoro wrote:
AGUN wrote:Haha..biasa mangkal di PGC Gus...

serius loe gun ada yang mangkal di PGC....gw malah ga pernah liat....


biasanya loe liat gun....ajak2x yah

bagus.. agun.. affraid affraid

sap7
Kelas 2 SMP
Kelas 2 SMP

Male
Number of posts : 852
Age : 32
Location : Jakarta Indonesia
Job/hobbies : jakarta govt
Registration date : 2007-11-09

http://www.facebook.com/home.php?#!/ssatriaputra

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Tue Jul 08, 2008 10:55 pm

gun gun....ternyata sapta yang mangkal...

ga asik gun

pulang udah yuks....

lol!

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by dwiratih_hartina on Thu Jul 10, 2008 9:22 am

Ternyata helm ada sejarahnya juga dan tetep eksis sampai sekarang. Gus, kata2 yang ini :
"Tapi sekarang hampir 70% orang pake helm bukan alasan akan keselamatan.....tapi banyak yang bilang karena takut polisi,takut di tilang bro.......jadi fungsi helm jadi berubahkan.....dari yang mengfungsikan keselamatan jadi fungsi biar ga ke tilang tok......"
Itu elo banget deh...

dwiratih_hartina
Play Group
Play Group

Female
Number of posts : 22
Age : 32
Registration date : 2008-06-06

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Thu Jul 10, 2008 9:24 am

eh ratih nonggol......akhirnya datang juga....

enak aja gw....gw mah make helm mang buat alasan keselamatan.....bukan karena polisi atuh....eh elo mah biar ga kpanasan yak???

Wink

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by dwiratih_hartina on Thu Jul 10, 2008 9:42 am

Menurut gw pake helm banyak fungsinya, selain buat keselamatan, helm itu dapat melindungi wajah dari sinar matahari, debu (mata biar ga kelilipan).
Tapi klo naek motor, trus elo yang nyupir, gw pasti pake helm, karena motor elo ga ada rem nya... Razz

dwiratih_hartina
Play Group
Play Group

Female
Number of posts : 22
Age : 32
Registration date : 2008-06-06

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Thu Jul 10, 2008 9:49 am

dwiratih_hartina wrote:Menurut gw pake helm banyak fungsinya, selain buat keselamatan, helm itu dapat melindungi wajah dari sinar matahari, debu (mata biar ga kelilipan).
Tapi klo naek motor, trus elo yang nyupir, gw pasti pake helm, karena motor elo ga ada rem nya... Razz


banyak sih emang.....termasuk nutupin tampang ganteng gw tih....biar para fans ga pada ngejar2....


eh sapa juga pengen boncengin ratih....pede aja bu...

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by dwiratih_hartina on Thu Jul 10, 2008 10:11 am

Hmmmm...... jadi malu Embarassed

Apa... ganteng??? Klo elo ci, emang lebih baik pake helm de. Cool

dwiratih_hartina
Play Group
Play Group

Female
Number of posts : 22
Age : 32
Registration date : 2008-06-06

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Thu Jul 10, 2008 10:18 am



wah kayanya ada yang panas nih.....
lol!

ci...lo disuruh pake Helm ma ratih....


mananih kepsek ga muncul

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by dwiratih_hartina on Thu Jul 10, 2008 10:31 am

Iihhh... Mad

Maksud gw elo Gus yang lebih baik pake helm.

dwiratih_hartina
Play Group
Play Group

Female
Number of posts : 22
Age : 32
Registration date : 2008-06-06

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Thu Jul 10, 2008 10:35 am


hmm awas ya kalo ketemu....




















jadi kapan ketemu???
lho???
sssst jangan blg sapa2 ya...

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by AGUN on Thu Jul 10, 2008 4:38 pm

b.dewantoro wrote:gun gun....ternyata sapta yang mangkal...

ga asik gun

pulang udah yuks....

lol!

Oke..Kita pulang aja yuk..Kali aja besok yang mangkal Dian Sastro..

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by b.dewantoro on Thu Jul 10, 2008 9:22 pm

AGUN wrote:
b.dewantoro wrote:gun gun....ternyata sapta yang mangkal...

ga asik gun

pulang udah yuks....

lol!

Oke..Kita pulang aja yuk..Kali aja besok yang mangkal Dian Sastro..


dian sastro mangkal di PGC....ada2 aja lu

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Perubahan sejarah Helm (bukan helm dari rubber lho!!!)

Post by Sponsored content Today at 9:11 am


Sponsored content


Back to top Go down

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum