Latest topics
» Assalamualaikum
Sat Nov 09, 2013 10:41 pm by umam

» Selamat Pagi
Fri Nov 08, 2013 1:50 pm by Tertio_kd

» Test dulu
Thu Nov 07, 2013 10:12 am by tanti

» Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Tue Sep 07, 2010 9:30 am by Meitina (MeTz)

» Let's Talk About Money!
Thu Sep 02, 2010 8:17 pm by irman.restiadi

» Kerugian Akibat Kurang Tidur
Thu Aug 26, 2010 7:06 pm by Ayu Puspita

» Kok sepi lagi....?
Thu Aug 26, 2010 7:03 pm by Ayu Puspita

» Vacation to Pulau Tidung
Thu Aug 26, 2010 3:41 pm by Eine

» Popok Kain a.k.a. Cloth Diaper Pempem!
Thu Aug 26, 2010 3:33 pm by Eine

Poll

Apa tujuan kamu gabung Forum 2002..?

59% 59% [ 22 ]
11% 11% [ 4 ]
8% 8% [ 3 ]
11% 11% [ 4 ]
11% 11% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Votes : 37

Who is online?
In total there is 1 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 1 Guest

None

[ View the whole list ]


Most users ever online was 40 on Wed Jul 07, 2010 4:03 pm

Apakah kita sudah dewasa..??

View previous topic View next topic Go down

Apakah kita sudah dewasa..??

Post by umam on Tue Jul 15, 2008 11:43 am

Apakah kita sudah dewasa..??


Pernahkah kita mengenal seseorang yang sikap dan tingkah lakunya, kita anggap sudah dewasa? Atau pernahkah kita mengenal seseorang yang tingkah lakunya lebih childish dari keponakan kita yang masih balita? Tingkat kedewasaan seseorang enggak selalu berbanding lurus dengan usianya. Mereka yang lebih tua belum tentu lebih dewasa.

Ahmad adalah seorang mahasiswa yang memiliki julukan "bapaknya anak-anak". Julukan ini disematkan pada Ahmad karena sikap serta tingkah lakunya yang dinilai melebihi tingkat kedewasaan teman-temannya sehingga dijadikan panutan. Meskipun dikatakan seperti itu, ia tetap merendah, "Ah, saya belum dewasa, tapi insya Allah masih dalam proses kedewasaan."

Adapun Betty adalah mahasiswi yang sering kesel ketika dikatakan teman-temannya, "Kamu kok enggak dewasa gitu, sih?". Atau dikatakan oleh ibunya, "Betty, kamu kan sudah gede, dewasa dikit dong!". Hal ini ia terima karena sikapnya masih kekanak-kanakan, suka menang sendiri, emosian, dan enggak mau kalah.

Kita mungkin pernah mengenal seseorang seperti Ahmad atau Betty atau mungkin pernah mengalami kondisi tersebut. Kita sendiri mungkin bingung, dibilang anak-anak ogah, dibilang dewasa juga kayaknya belum. Memang dewasa itu kayak apa ya?


Ada beberapa hal untuk menilai kedewasaan seseorang,antara lain :

1.Intelektual
Kemampuan membentuk pendirian atau prinsip yang jelas sehingga tidak mudah terombang- ambing oleh situasi yang menuntut kita untuk bersikap

2.Emosional
Kemampuan menerima emosi dan menguasainya secara wajar

3.Sosial
Keterbukaan terhadap orang lain serta sanggup membuat persahabatan

4.Moral
Kesetiaan pada asas- asas moral dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

5.Spiritual
Cara berkeyakinan yang tidak sempit


Kedewasaan adalah proses perkembangan kepribadian. Jadi,jangan pernah merasa puas untuk terus belajar menjadi lebih dewasa. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa menjadikan kita menjadi lebih dewasa. Yang pertama ialah berlatih untuk mengurangi sifat egois yang merupakan ciri paling mencolok dari ketidakdewasaan.

Latihan selanjutnya adalah belajar untuk menerima diri sendiri apa adanya. Hanya dengan menerima diri sendiri apa adanya, kita akan mampu bersikap terbuka pada orang lain. Mencintai semua yang ada dalam diri kita sendiri merupakan dasar untuk bisa mencintai semua manusia.

Kalau kita mampu mencintai semua manusia apa adanya, itu berarti kita telah sampai di "puncak kedewasaan"!!!

~ Oleh-oleh ceramah dari Yogya...
Source : http://umam1101.multiply.com

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by kang_agus on Tue Jul 15, 2008 12:29 pm

berat nih....


tapi secara naluri kang umam kedewasaan itu... ketika manusia menginginkan keturunan.



gak percaya tanya aja sama panda.. hehe...

kang_agus
Kelas 1 SMA
Kelas 1 SMA

Male
Number of posts : 1029
Age : 33
Location : Kwitang, Jakarta Pusat
Job/hobbies : Budget Directorate General, Ministry Of Finance
Humor : Always Ngakak Bareng Temen2
Registration date : 2007-10-23

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by AGUN on Sat Jul 19, 2008 8:41 pm

Hmmph, gw belum dewasa...Ya Allah jadikanlah hambamu ini dewasa...

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by umam on Sun Jul 20, 2008 7:32 am

IMHO, qt semua dah dewasa kok gun... Smile
Tapi bedanya adalah setinggi apa tingkat kedewasaan qt tsb... Wink

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by Achi on Sun Jul 20, 2008 3:08 pm

Untuk menjadi dewasa perlu proses kan??menurut aci qt semua sekarang sedang dalam proses pendewasaan,dewasa dalam berfikir,dewasa dalam mengambil keputusan,dewasa dalam bertindak..

Achi
Kelas 5 SD
Kelas 5 SD

Female
Number of posts : 564
Age : 32
Location : Kalibata Timur
Job/hobbies : Karyawati / denger musik & baca
Registration date : 2007-11-22

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by faizah on Tue Jul 22, 2008 1:55 pm

Salah satu cara untuk mengukur kedewasaan seseorang adalah bgmn org tsb saat ditimpa masalah/cobaan,
apakah bisa tetap tegar, sabar, ikhtiar dan tawakal....

Awalnya mungkin berat dalam menghadapi masalah yang ada, tetapi dengan melalui dengan baik, qt selangkah menuju kedewasaan....

faizah
Kelas 1 SD
Kelas 1 SD

Female
Number of posts : 194
Age : 32
Location : jakarta
Job/hobbies : nonton film
Registration date : 2008-07-13

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by maye on Tue Jul 22, 2008 3:57 pm

Hmmm....
klo diliat dari kriteria kalian, berarti gw udah cukup dewasa nih...
afro afro

maye
Kelas 1 SMP
Kelas 1 SMP

Number of posts : 796
Registration date : 2007-11-13

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by kang_agus on Tue Jul 22, 2008 5:07 pm

gw juga may...

kang_agus
Kelas 1 SMA
Kelas 1 SMA

Male
Number of posts : 1029
Age : 33
Location : Kwitang, Jakarta Pusat
Job/hobbies : Budget Directorate General, Ministry Of Finance
Humor : Always Ngakak Bareng Temen2
Registration date : 2007-10-23

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by Ayu Puspita on Sat Jul 26, 2008 6:58 am

gw juga, May, Gus....

Ayu Puspita
Mahasiswa Semester 2
Mahasiswa Semester 2

Female
Number of posts : 1469
Age : 32
Location : Indonesia
Registration date : 2007-11-25

http://www.yahoo.com

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by AGUN on Sat Jul 26, 2008 9:31 pm

ee..ee..gw dah bilang gak dewasa lagi, gimana nih??

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by faizah on Wed Jul 30, 2008 1:41 am

kl dlm hkm ekonomi,ada 3thp proses,growth maturity trus decline,yg artiny tumbuh,menjd dewasa,kmdn perlahan2 menurun alias habis masa kegunaannya,ikh serem,udah siap blm..
gw jg blm dewasa gun,msh masa pertumbuhan hehe

faizah
Kelas 1 SD
Kelas 1 SD

Female
Number of posts : 194
Age : 32
Location : jakarta
Job/hobbies : nonton film
Registration date : 2008-07-13

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by dendi on Sat Aug 02, 2008 10:39 am

gw anak paling kecil di keluarga, Alhamdulillah dianggap yang paling dewasa di antara semua keluarga...
tapi belom diizinin nikah, katanya masih terlalu muda ...



jadi "masih muda" itu masuk kategori seperti apa ya?!?!?!

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 31
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by umam on Sat Aug 02, 2008 3:45 pm

dendi wrote:gw anak paling kecil di keluarga, Alhamdulillah dianggap yang paling dewasa di antara semua keluarga...
tapi belom diizinin nikah, katanya masih terlalu muda ...



jadi "masih muda" itu masuk kategori seperti apa ya?!?!?!
ooohhh...jadi selama ini penyebabnya dianggap terlalu muda den Rolling Eyes

IMHO mungkin aja "masih muda" itu dilihat dari umur den...

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by Ayu Puspita on Sun Aug 03, 2008 9:44 pm

ya udah atuh den...muda kan bukan ukuran siap-enggaknya nikah.
acil keknya dah siap juga tuh..huehehe....

Ayu Puspita
Mahasiswa Semester 2
Mahasiswa Semester 2

Female
Number of posts : 1469
Age : 32
Location : Indonesia
Registration date : 2007-11-25

http://www.yahoo.com

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by b.dewantoro on Sun Aug 03, 2008 10:44 pm

tancap bung dendi....tunggu apa lagi.....acil dah siap pan....

dari pada dndi ntar me*opaus*

b.dewantoro
Kelas 3 SD
Kelas 3 SD

Male
Number of posts : 304
Age : 32
Location : condet - balekambang - 13530
Registration date : 2008-01-19

Back to top Go down

Re: Apakah kita sudah dewasa..??

Post by Sponsored content Today at 9:36 pm


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum