Latest topics
» Assalamualaikum
Sat Nov 09, 2013 10:41 pm by umam

» Selamat Pagi
Fri Nov 08, 2013 1:50 pm by Tertio_kd

» Test dulu
Thu Nov 07, 2013 10:12 am by tanti

» Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Tue Sep 07, 2010 9:30 am by Meitina (MeTz)

» Let's Talk About Money!
Thu Sep 02, 2010 8:17 pm by irman.restiadi

» Kerugian Akibat Kurang Tidur
Thu Aug 26, 2010 7:06 pm by Ayu Puspita

» Kok sepi lagi....?
Thu Aug 26, 2010 7:03 pm by Ayu Puspita

» Vacation to Pulau Tidung
Thu Aug 26, 2010 3:41 pm by Eine

» Popok Kain a.k.a. Cloth Diaper Pempem!
Thu Aug 26, 2010 3:33 pm by Eine

Poll

Apa tujuan kamu gabung Forum 2002..?

59% 59% [ 22 ]
11% 11% [ 4 ]
8% 8% [ 3 ]
11% 11% [ 4 ]
11% 11% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Votes : 37

Who is online?
In total there is 1 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 1 Guest

None

[ View the whole list ]


Most users ever online was 40 on Wed Jul 07, 2010 4:03 pm

Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

View previous topic View next topic Go down

Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by umam on Sun Oct 05, 2008 9:01 pm

Sebuah percakapan saat Idul Fitri :
A : Waahhh....apa kabar nih? Dah lama ya kita gak ketemu!
B : Iya nih, maklum lah lagi banyak kerjaan
A : Oya sebelumnya minal 'aidin wal faizin ya, mohon maaf lahir batin
B : Sama-sama, maapin juga kalo ada salah
Eh, emangnya minal 'aidin wal faizin itu artinya maaf lahir batin ya?
A : Mmmm...kurang tau juga, kayaknya iya deh *masih bingung Question


Saat momen Idul Fitri kali ini, ada sebuah istilah yang sangat populer disampaikan saat bertemu dengan keluarga maupun handai taulan yakni istilah Minal 'Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin. Sebenarnya ucapan Minal 'Aidin Wal Faizin ga ada hubungannya dengan "maaf lahir batin" tapi merupakan bentuk HARAPAN selamat untuk saling mendoakan yang artinya kurang lebih seperti ini.

Minal (dari/sebagai) 'Aidin (orang2 yang kembali) wal (dan) Faizin (orang yang menang). Secara harfiah kata Minal 'Aidin Wal Faizin berarti Semoga Allah menjadikan kita sebagai orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan. Sementara dari segi istilah, do'a ini pengharapan semoga kita menjadi kembali suci dan menggapai kemenangan, suci diampuni dari dosa2 dan menang melawan hawa nafsu.

Ucapan ini tidak ada di hadits atau pun di Quran, melainkan ucapan para ulama yang berasal dari Mesir. Dengan demikian, jika kita tidak mengucapkan pun juga tidak apa-apa. Namun sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW, ucapan atau doa 'id yang dianjurkan untuk diucapkan ketika kaum muslimin saling bertemu pada hari raya fithri adalah doa Taqobbalallahu Minnaa Wa Minkum (Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian)

Dari Jabir bin Nufair RA ia berkata: "Para sahabat Nabi SAW apabila mereka saling bertemu pada hari raya, sebagian dari mereka berkata kepada yang lainnya: "Taqobbalallahu Minnaa Wa Minkum" (Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian)".
(HR. Al-Muhamili dalam kitab Sholatul 'Idain. Lihat Tamamul Minnah karya Al-Bany hal 354-356,dan Assunan al Kubro lil Baihaqi juz III hal 319).

Semoga bermanfaat Smile

~dari berbagai sumber

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by ADE_AcilDahgEde on Sun Oct 05, 2008 10:41 pm

Makasih buat A' Umam buat wawasannya...
Terus ada ucapan balesannya ga Mam??

ADE_AcilDahgEde
Kelas 4 SD
Kelas 4 SD

Male
Number of posts : 500
Age : 32
Location : Under Your Bed...
Job/hobbies : Abdi Negara, pemain sepakbola amatir...
Registration date : 2007-11-12

http://profiles.friendster.com/ankcilbotakygbencipaprika

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by umam on Mon Oct 06, 2008 6:02 am

Balesan buat ucapan Taqobbalallahu Minna Wa Minkum adalah Taqobbal Ya Karim acil Smile

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by Bagol on Mon Oct 06, 2008 10:29 am

Wuih...
Mantap...
Persis sama kayak yang gue ucapin pas kemaren di rumah Dita..

Bagol
Kelas 3 SMA
Kelas 3 SMA

Male
Number of posts : 1279
Age : 32
Location : Jakarta
Humor : ???
Registration date : 2007-11-13

http://liverpoolfc.tv

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by Achi on Mon Oct 06, 2008 11:27 am

bagol mantap juga!!

udah jago..mustinya dishare gitu keik umam...
xixixixixi

Achi
Kelas 5 SD
Kelas 5 SD

Female
Number of posts : 564
Age : 32
Location : Kalibata Timur
Job/hobbies : Karyawati / denger musik & baca
Registration date : 2007-11-22

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by maye on Mon Oct 06, 2008 3:01 pm

Emang waktu di rumah Dita lo ngomong apa Gol???

maye
Kelas 1 SMP
Kelas 1 SMP

Number of posts : 796
Registration date : 2007-11-13

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by kang_agus on Mon Oct 06, 2008 4:08 pm

hmmm... oo gitu toh asal muasalnya... makasi mam nice post buat nambah pengetahuan...

kalo gw sih kemaren sih paling sering bilang "maap lahir batin ya!!" trus cemal-cemil dirumahnya... Very Happy

kang_agus
Kelas 1 SMA
Kelas 1 SMA

Male
Number of posts : 1029
Age : 33
Location : Kwitang, Jakarta Pusat
Job/hobbies : Budget Directorate General, Ministry Of Finance
Humor : Always Ngakak Bareng Temen2
Registration date : 2007-10-23

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by umam on Mon Oct 06, 2008 4:34 pm

oya, sedikit tambahan juga
jangan sampe keliru mengucapkan kalimat "Minal 'Aidin Wal Faizin"
inget...yang pertama pake 'AIDIN sedangkan yang kedua FAIZIN
karena kalo salah nulis, akan salah pula artinya Wink

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by kang_agus on Mon Oct 06, 2008 4:48 pm

iya iya....

kang_agus
Kelas 1 SMA
Kelas 1 SMA

Male
Number of posts : 1029
Age : 33
Location : Kwitang, Jakarta Pusat
Job/hobbies : Budget Directorate General, Ministry Of Finance
Humor : Always Ngakak Bareng Temen2
Registration date : 2007-10-23

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by AGUN on Tue Oct 07, 2008 2:33 pm

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum...

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by umam on Tue Oct 07, 2008 3:05 pm

Taqobbal Ya Karim agun... Smile

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by chibitaza on Tue Oct 07, 2008 4:39 pm

pada jago2 bahasa arab yach...

kulaih d sastra arab yach...

hihihih...

_________________
--Laksmana Tri Moerdani, S.Kom., S.Si
--Database Engineer PT.McDermott International

http://www.gulaipenguin.com
Hp: (+62 815) 91 34541

chibitaza
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 1621
Age : 32
Location : Bekasi - Jakarta
Job/hobbies : Web Design, Graphic Design, 3D Animator
Registration date : 2007-10-17

http://www.laksmanatrimoerdani.co.cc

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by andika/15.25.ipa2 on Tue Oct 07, 2008 6:24 pm

umam wrote:

Saat momen Idul Fitri kali ini, ada sebuah istilah yang sangat populer disampaikan saat bertemu dengan keluarga maupun handai taulan yakni istilah Minal 'Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin. Sebenarnya ucapan Minal 'Aidin Wal Faizin ga ada hubungannya dengan "maaf lahir batin" tapi merupakan bentuk HARAPAN selamat untuk saling mendoakan yang artinya kurang lebih seperti ini.

Minal (dari/sebagai) 'Aidin (orang2 yang kembali) wal (dan) Faizin (orang yang menang). Secara harfiah kata Minal 'Aidin Wal Faizin berarti Semoga Allah menjadikan kita sebagai orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan. Sementara dari segi istilah, do'a ini pengharapan semoga kita menjadi kembali suci dan menggapai kemenangan, suci diampuni dari dosa2 dan menang melawan hawa nafsu.

Ucapan ini tidak ada di hadits atau pun di Quran, melainkan ucapan para ulama yang berasal dari Mesir. Dengan demikian, jika kita tidak mengucapkan pun juga tidak apa-apa. Namun sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW, ucapan atau doa 'id yang dianjurkan untuk diucapkan ketika kaum muslimin saling bertemu pada hari raya fithri adalah doa Taqobbalallahu Minnaa Wa Minkum (Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian)

Dari Jabir bin Nufair RA ia berkata: "Para sahabat Nabi SAW apabila mereka saling bertemu pada hari raya, sebagian dari mereka berkata kepada yang lainnya: "Taqobbalallahu Minnaa Wa Minkum" (Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian)".
(HR. Al-Muhamili dalam kitab Sholatul 'Idain. Lihat Tamamul Minnah karya Al-Bany hal 354-356,dan Assunan al Kubro lil Baihaqi juz III hal 319).

Semoga bermanfaat Smile

~dari berbagai sumber

kami dan kalian maksudnya sapa mam????

koq kesannya nabi mengatakan itu kepada golongannya (kami) dan yg bukan golongannya (kalian)?????

sory mam, gw cuma bener pengen tau...

sebelumnya 'Taqobbalallahu Minnaa Wa Minkum' buat semua....

andika/15.25.ipa2
Kelas 4 SD
Kelas 4 SD

Male
Number of posts : 451
Age : 32
Location : old trafford
Job/hobbies : pelayan/menyapu, mencuci, masak,..
Humor : gak punya selera humoryg tinggi, jrg ketawa
Registration date : 2007-11-13

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by umam on Tue Oct 07, 2008 6:47 pm

andika/15.25.ipa2 wrote:

kami dan kalian maksudnya sapa mam????

koq kesannya nabi mengatakan itu kepada golongannya (kami) dan yg bukan golongannya (kalian)?????

sory mam, gw cuma bener pengen tau...

sebelumnya 'Taqobbalallahu Minnaa Wa Minkum' buat semua....
Thanks andika untuk pertanyaannya.
Maksudnya "kami" dan "kalian" itu bukan menunjukkan kepada suatu golongan.
Tapi lebih kepada gaya bahasa yang menunjukkan kesopanan serta penghormatan kepada lawan bicara.

Misalnya seperti ini, jika kita dengarkan sambutan resmi yang baik dari sebuah instansi, maka kita akan mendengarkan si pembicara akan menyebut dirinya dengan kata "kami" bukan "saya".
Sementara istilah "kalian" tidak selalu merujuk kepada sekumpulan orang. Dalam sastra Arab, jika kita ingin menghormati seseorang, maka kita dapat menggunakan kata yang bersifat plural daripada singular.

Jadi daripada menggunakan istilah "Taqobbalallahu Minni Wa Minka" yang artinya "Semoga Allah menerima amal ibadahku dan kamu", akan jauh lebih baik jika kita mengikuti kalimat yang jauh lebih baik dan sopan seperti yang dianjurkan Rasulullah yakni "Taqobbalallahu Minna Wa Minkum" yang artinya "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian".

Semoga dapat memberikan penjelasan Smile

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by ADE_AcilDahgEde on Tue Oct 07, 2008 11:00 pm

Bagol wrote:Wuih...
Mantap...
Persis sama kayak yang gue ucapin pas kemaren di rumah Dita..

kalo gw kaga sala denger...
Bagol tu ngomong "tabok...(siapa gitu) minna wa minkum"...abisnya tambah blepetan kebelakangnya...Bagol juga ga bawa kain pel susah jadi ngelapnya ya Gol??

ADE_AcilDahgEde
Kelas 4 SD
Kelas 4 SD

Male
Number of posts : 500
Age : 32
Location : Under Your Bed...
Job/hobbies : Abdi Negara, pemain sepakbola amatir...
Registration date : 2007-11-12

http://profiles.friendster.com/ankcilbotakygbencipaprika

Back to top Go down

Re: Makna "Minal 'Aidin Wal Faizin"

Post by Sponsored content Today at 6:48 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum