Latest topics
» Assalamualaikum
Sat Nov 09, 2013 10:41 pm by umam

» Selamat Pagi
Fri Nov 08, 2013 1:50 pm by Tertio_kd

» Test dulu
Thu Nov 07, 2013 10:12 am by tanti

» Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Tue Sep 07, 2010 9:30 am by Meitina (MeTz)

» Let's Talk About Money!
Thu Sep 02, 2010 8:17 pm by irman.restiadi

» Kerugian Akibat Kurang Tidur
Thu Aug 26, 2010 7:06 pm by Ayu Puspita

» Kok sepi lagi....?
Thu Aug 26, 2010 7:03 pm by Ayu Puspita

» Vacation to Pulau Tidung
Thu Aug 26, 2010 3:41 pm by Eine

» Popok Kain a.k.a. Cloth Diaper Pempem!
Thu Aug 26, 2010 3:33 pm by Eine

Poll

Apa tujuan kamu gabung Forum 2002..?

59% 59% [ 22 ]
11% 11% [ 4 ]
8% 8% [ 3 ]
11% 11% [ 4 ]
11% 11% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Votes : 37

Who is online?
In total there is 1 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 1 Guest

None

[ View the whole list ]


Most users ever online was 40 on Wed Jul 07, 2010 4:03 pm

Penyakit Bayi

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down

Penyakit Bayi

Post by Eine on Wed Jul 07, 2010 5:25 pm

Ada beberapa penyakit yang lazim dialami oleh bayi. Misalnya ruam popok, batuk-pilek-flu, biang keringet, dan kawan-kawan. Ini gw cuman mo sharing aja, yang dialami Kinar apa aja, plus tindakan gw waktu itu. Kalo ada yang punya saran, tambahin yak.

1. Umur seminggu, bilirubin tinggi, di atas 10 di bawah 15.
Bilirubin juga dikenal sebagai sakit kuning. Setelah lahir bayi, salah satu syarat bayi boleh di bawa pulang kalau bilirubinnya dibawah 10.

Sebab meningkatnya kadar bilirubin, kurang cairan, kurang dijemur di pagi hari.

Tandanya, bagian putih mata, biasanya di sudutnya tampak kuning. Juga di telapak tangan/kaki. Bandingin aja sama tangan orang dewasa yang sehat, akan keliatan beda antara rona merah dengan warna kuning sakit. Atau, tekan lembut pahanya, kalau gak segera kembali ke warna semula, itu salah satu tanda-tanda sakit kuning. Secara kasat mata gak gitu jelas, memang perlu tes darah untuk memastikan.

Solusi Ada dokter yang langsung nyuruh rawat inap dan bayi disinar dalam kotak ketika bilirubin di atas 10. Tapi dokter anak gw waktu itu masih kasih kesempatan 3 hari anak gw di rumah aja, supaya anak gw disusuin lebih sering dan dijemur. Padahal waktu itu belom jago nyusuin, sakit di dada karena lecet gw paksain aja nyusuin terus. Alhamdulillah menurun dari 14 jadi 11. Memang masih di atas 10, tapi tren-nya menurun. Jadi gak perlu dirawat.

Cerita temen, ASInya baru keluar di hari kelima setelah anak lahir. Bilirubin tinggi, si anak dirawat inap untuk disinar. CATAT: si anak itu tetap TIDAK dikasih susu formula. Ketika di RS, tiap kali si anak nangis minta susu, tetap langsung disodorkan ke si ibu yg nungguin di sana 24 jam. Ketika ASInya udah keluar, diperah aja juga bisa.

2. Umur 4 bulan, batuk-pilek-demam.
Gak diapa-apain. Obat yg gw beli: TEMPRA DROPS untuk bayi mulai dari 0 bulan (hanya jika demam di atas 37,5 Celcius) dan BREATHY, larutan garam untuk ditetesin ke hidung ketika si anak hidungnya bumpet. Ingat, baca aturan pakai ato petunjuk dokter. ASI, jalan teruuuus...

3. Umur 2 bulan, mata belekan tak wajar, banyak dan menumpuk di mata.
Sebab 1. Saluran air mata belum sempurna. Atau, 2. Terinfeksi jamur keputihan dari ibu saat lewat jalan lahir. Adalah umum kalo ibu hamil mengalami keputihan berlebihan, tapi mesti dikonsul ke dokter, supaya gak menginfeksi bayi. Lahir lewat caesar pun bisa tetap terinfeksi kalau keputihan parah, karena jamur/bakterinya bisa menyusup masuk ketuban.

Solusi
1. Sama dokter mata dikasih obat tetes mata CENDO FLOXA (antibiotik, pake resep dokter yak).
2. Kelopak mata dipijat mulai dari sudut luar mata ke arah hidung, pelan-pelan aja, rutin tiap hari. Bayangin aja di sudut dalam mata ada lubang ke arah bawah menuju lubang hidung, nah itu yang mau kita buka salurannya.
3. Kalo mata masih merah mungkin diresepin CENFRESH, tetes mata non-antibiotik yang mirip air mata.

PS: ada yg bilang, dikasih rendaman bunga teleng atau ditetesin ASI, tapi gak selalu manjur. Cek ke dokter aja biar aman. Kasihan kalau didiemin, bisa mengurangi daya lihat, bahkan bisa mengakibatkan perlu tindakan operasi setelah si anak umur 6 tahun.

4. Kirain biang keringat, eh taunya eczema atopic alias biduran.
Sebab 1. Kulitnya memang sensitif; 2. Kondisi cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin

Tanda-tanda Ruam/bintik merah sekujur badan, terutama di dada, leher, punggung, pundak dan lengan, tapi gak timbul. Maksudnya, kulitnya kalo di raba gak terasa berbintil-bintil. Kalo biang keringat, merah-merahnya itu berbintil-bintil.

Solusi Ke dokter, trus dikasih puyer campuran Parasetamol dan Pretnison. Tapi belom pernah diminumin, soalnya diresepin salep Cynolon (atau Sinolon ya? lupa tulisannya) trus dioles tipis-tipis lantas sembuh.

5. Biang keringat beneran. Ruam merah berbintil di jidat dan lengan.
Aaaaargh, yang ini gw belom nemu obat yang manjur?! Helep! Helep! Udah pake Lotio Calaminae (bedak cair dari puskesmas), sagu, sagu + aer, salep Cynolon, Salycil talk, tetep aja ga ngaruh. Cuma satu yang belom gw coba: BELI AC! Huuuh!!!

6. Susah BAB, 4 hari gak BAB sampe nangis-nangis, sampe tarik napas kayak kena asma..aduduuuuu...paling kesian deh kalo sakit yang ini.

Sebab Baru belajar makan. Metabolisme belum sempurna.

Solusi 1. Diajarin cara memancing BAB spontan. Emak pake sarung tangan, anak dimiringin, dubur dimasuki kelingking si emak. Perlu instruksi dokter/bidan loh.
2. Dikasih Lacto-B, sejenis bubuk berisi bakteri lactobacilus protectus, berguna untuk susah BAB dan juga diare.
3. Kasih makannya bertahap, dari cair, semi padat, baru deh padat. Jangan napsu apa-apa langsung dikasih, baca dulu www.wholesomebabyfood.com

Itu dulu yak. Bagi juga dong info laen dari kalian semua Prens....

Lanjutkan!


Last edited by Eine on Thu Jul 08, 2010 11:50 am; edited 2 times in total

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by dendi on Wed Jul 07, 2010 6:37 pm

mmm... gimana Gol, ude siap kl si rodieh gini?!?!

thanks infonya Ne...

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Meitina (MeTz) on Wed Jul 07, 2010 8:25 pm

woww, copy-paste-save.doc ahhh.... thanx a bunch Ne.. Wink)
moderator, ni topik (dan topik2 lainnya yg berkaitan) jgn diilangin yak sampe anak gw lahir nti...

Meitina (MeTz)
Kelas 6 SD
Kelas 6 SD

Female
Number of posts : 635
Age : 31
Location : 1st-Jember, 2nd-Malang, 3rd-Jakarte
Job/hobbies : Be the best wife for my best husband
Humor : Parodi, Komedi, Jenaka
Registration date : 2007-11-11

http://empatbelas.forumotion.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Eine on Thu Jul 08, 2010 10:22 am

Sama-sama, Den, Met. Gw juga belajarnya dari temen-temen gw yg duluan punya anak, pada pinter-pinter, rajin bener cari info.

Gw pernah panik, waktu anak gw nangis kejer pas gw ajak maen ke rumah temen gw malem-malem. Ternyata cuma kepanasan, gw timang-timang di teras, eh tidur. Baru deh gw bawa masuk lagi ke dalem rumah temen gw.

Kayaknya itu yg masih perlu gw latih, gimana supaya tetep tenang pas anak rewel ato sakit.

Oiya, Kinar juga pernah jatoh dari tempat tidur, jam 2 pagi. Hueee... untung nangis, kalo gak nangis gw bisa kejet-kejet panik. Sad

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by dendi on Thu Jul 08, 2010 11:01 am

jadi pas nangis si kinar lo kejar2 Ne...?!?!?!

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Meitina (MeTz) on Thu Jul 08, 2010 11:29 am

ada ga ya kamus visual tangisan bayi? kalo ada, rasanya mau gw lahap setebal apapun tuh pita kamusnya biar ngerti anaknya nti minta apa....hehehe

Meitina (MeTz)
Kelas 6 SD
Kelas 6 SD

Female
Number of posts : 635
Age : 31
Location : 1st-Jember, 2nd-Malang, 3rd-Jakarte
Job/hobbies : Be the best wife for my best husband
Humor : Parodi, Komedi, Jenaka
Registration date : 2007-11-11

http://empatbelas.forumotion.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Eine on Thu Jul 08, 2010 11:33 am

dendi wrote:jadi pas nangis si kinar lo kejar2 Ne...?!?!?!

Question

scratch

Shocked

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Arti Tangisan Bayi

Post by Eine on Thu Jul 08, 2010 11:38 am

Meitina (MeTz) wrote:ada ga ya kamus visual tangisan bayi? kalo ada, rasanya mau gw lahap setebal apapun tuh pita kamusnya biar ngerti anaknya nti minta apa....hehehe

Hahaha, dasar Memet Jolie. Kalo laper ya maem roti aja Met, jangan maem kamus, seret... Hehehe.

Tenang Met. Di awal kelahirannya, tiap si bayi nangis cek aja dulu popoknya, kalo basah, itu nangis gak nyaman. Kalo gak basah, ya peluk aja ajak ngobrol sambil kasih nenen. Lagipula ada kok perbedaanya. Coba cek link yang ini yak.

http://www.enformasi.com/2009/02/arti-tangisan-bayi.html
http://www.babycenter.com/0_twelve-reasons-babies-cry-and-how-to-soothe-them_9790.bc?scid=momsbaby_20100706:4&pe=2UwOOgg

Spesial pake teloooorrrrr...!

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by dendi on Thu Jul 08, 2010 1:46 pm

beeeeeeeuuuuuhhhh..... mantap betul nih Bu Ine...

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Bagol on Thu Jul 08, 2010 3:50 pm

Insya Allah kalo udah memutuskan menikah, siap dengen risiko2 seperti itu Den, hehe..

Bagol
Kelas 3 SMA
Kelas 3 SMA

Male
Number of posts : 1279
Age : 32
Location : Jakarta
Humor : ???
Registration date : 2007-11-13

http://liverpoolfc.tv

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by dendi on Thu Jul 08, 2010 5:50 pm

Bagol wrote:Insya Allah kalo udah memutuskan menikah, siap dengen risiko2 seperti itu Den, hehe..
wessss...kayanya udah mantap nih si bagol buat menikah... siap2 bikin tato lagi kayanya nih... waka waka waka e'e'...

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by irman.restiadi on Thu Jul 08, 2010 7:29 pm

Bagol lagi?

irman.restiadi
Kelas 5 SD
Kelas 5 SD

Male
Number of posts : 538
Age : 32
Location : makassar city-south sulawesi
Job/hobbies : civil state employee
Humor : http://ketawa.com/
Registration date : 2007-10-29

http://www.pajak.go.id/

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by chibitaza on Fri Jul 09, 2010 7:22 am

Meitina (MeTz) wrote:ada ga ya kamus visual tangisan bayi? kalo ada, rasanya mau gw lahap setebal apapun tuh pita kamusnya biar ngerti anaknya nti minta apa....hehehe

mudah2in ini bisa sedikit membantu. berdasarkan artikel, bahasa bati juga bisa di artikan..

“NEH”
Arti: Sedang lapar. Kata ini agak mirip dengan “Heh” dan “Eh”, jadi harus hati-hati mendengarkannya. Jika kita tidak meresponnya dengan baik, maka bayi akan menangis lebih keras.

“OWH”
Arti: Mengantuk. Mungkin kata ini lebih mudah dimengerti karena diucapkan oleh sang bayi dengan bentuk mulut bundar atau O.

“HEH”
Arti: Tidak Nyaman. Bayi mengucapkan kata ini pasti dengan mimik yang berbeda dengan “Neh”. Jika kita memahami kata ini, maka segeralah membuat posisi bayi menjadi nyaman agar tidak menangis kencang.

“EAIRH”
Arti: Perut kembung. Suaranya mirip orang menggumam atau grrrhhh. Jika sang bayi sudah mengucapkan kata ini, segera perbaiki posisinya.

“EH”
Arti: Bersendawa. Biasanya diucapkan selesai minum susu atau justru perut sedang kosong. (vivanews)

_________________
--Laksmana Tri Moerdani, S.Kom., S.Si
--Database Engineer PT.McDermott International

http://www.gulaipenguin.com
Hp: (+62 815) 91 34541

chibitaza
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 1621
Age : 32
Location : Bekasi - Jakarta
Job/hobbies : Web Design, Graphic Design, 3D Animator
Registration date : 2007-10-17

http://www.laksmanatrimoerdani.co.cc

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Bagol on Fri Jul 09, 2010 4:17 pm

Wow.. Cool Oci..

Udah, sekali aja cukup Den, jangan ikutin orang2 yg sok2 bisa nafkahin orang lain, jadi alasan menikah lagi, hehe..

Bagol
Kelas 3 SMA
Kelas 3 SMA

Male
Number of posts : 1279
Age : 32
Location : Jakarta
Humor : ???
Registration date : 2007-11-13

http://liverpoolfc.tv

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by irman.restiadi on Fri Jul 09, 2010 5:59 pm

Bagol wrote:Wow.. Cool Oci..
Jadi Oci mau nikah lagi?

irman.restiadi
Kelas 5 SD
Kelas 5 SD

Male
Number of posts : 538
Age : 32
Location : makassar city-south sulawesi
Job/hobbies : civil state employee
Humor : http://ketawa.com/
Registration date : 2007-10-29

http://www.pajak.go.id/

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by dendi on Fri Jul 09, 2010 6:29 pm

chibitaza wrote:mudah2in ini bisa sedikit membantu. berdasarkan artikel, bahasa bati juga bisa di artikan..

“NEH”

“OWH”

“HEH”

“EAIRH”

“EH”
pake bahasa pemograman ape nih ci??

tiati meTz... sumbernya ga jelas, ntar bayinya malah nge-hang minta direstart lho...

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Meitina (MeTz) on Sat Jul 10, 2010 1:45 pm

hahaha.. Lo kata bayi robot Den????

Iya ci, gw jg pernah dapet artikel itu. Tapi nti pas ptama kali ngadepinnya mesti dech kebingungan mengartikannya,kedengerannya mirip smua...

Meitina (MeTz)
Kelas 6 SD
Kelas 6 SD

Female
Number of posts : 635
Age : 31
Location : 1st-Jember, 2nd-Malang, 3rd-Jakarte
Job/hobbies : Be the best wife for my best husband
Humor : Parodi, Komedi, Jenaka
Registration date : 2007-11-11

http://empatbelas.forumotion.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by irman.restiadi on Sat Jul 10, 2010 6:07 pm

Learning by doing...

irman.restiadi
Kelas 5 SD
Kelas 5 SD

Male
Number of posts : 538
Age : 32
Location : makassar city-south sulawesi
Job/hobbies : civil state employee
Humor : http://ketawa.com/
Registration date : 2007-10-29

http://www.pajak.go.id/

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by dendi on Sun Jul 11, 2010 9:42 am

Meitina (MeTz) wrote:hahaha.. Lo kata bayi robot Den????

Iya ci, gw jg pernah dapet artikel itu. Tapi nti pas ptama kali ngadepinnya mesti dech kebingungan mengartikannya,kedengerannya mirip smua...
berarti pas pertama kali itu, panggil oci metz... dia jadi translaternya... Very Happy

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by andre on Mon Jul 12, 2010 11:20 am

dear dokter Ine,

saya mau menanyakan penyakit pada keponakan saya.
Kalau dia suka bersin-bersin di pagi hari, penanggulangannya seperti apa ya enaknya?!

untuk informasi saja, keponakan saya itu baru berumur 23 tahun,,,



regards,

andre

andre
Mahasiswa Semester 7
Mahasiswa Semester 7

Male
Number of posts : 1987
Age : 32
Location : Chizantoenk
Job/hobbies : IT Engineer - PT Jastrindo Dinamika (Nexcom)
Registration date : 2007-10-23

http://www.facebook.com/andreas.pandu

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by dendi on Mon Jul 12, 2010 2:02 pm

andre wrote:dear dokter Ine,

saya mau menanyakan penyakit pada keponakan saya.
Kalau dia suka bersin-bersin di pagi hari, penanggulangannya seperti apa ya enaknya?!

untuk informasi saja, keponakan saya itu baru berumur 23 tahun,,,



regards,

andre
gw pikir yg umur segitu Nenek lo Ndre...

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by irman.restiadi on Mon Jul 12, 2010 4:57 pm

Keponakan lo masih bisa berdiri?

irman.restiadi
Kelas 5 SD
Kelas 5 SD

Male
Number of posts : 538
Age : 32
Location : makassar city-south sulawesi
Job/hobbies : civil state employee
Humor : http://ketawa.com/
Registration date : 2007-10-29

http://www.pajak.go.id/

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Eine on Tue Jul 13, 2010 11:43 am

andre wrote:dear dokter Ine,

saya mau menanyakan penyakit pada keponakan saya.
Kalau dia suka bersin-bersin di pagi hari, penanggulangannya seperti apa ya enaknya?!

untuk informasi saja, keponakan saya itu baru berumur 23 tahun,,,

regards,
andre


Dear Pak Andre,

Sebelum saya diagnosa, apakah ada keluhan lain? Seperti gatal-gatal? Sulit tidur? Atau bokek?

Aaah, saya tahu sekarang! Ponakan anda menunjukkan tanda-tanda alergi. Pada apa? Pada anda tentunya!

Twisted Evil

Eine
Bendahara Sekolah
Bendahara Sekolah

Female
Number of posts : 950
Age : 32
Location : Jakarta & sekitarnya
Job/hobbies : Librarian - Kantor Advokat Kailimang-Ponto, Menara Kuningan.
Registration date : 2007-11-01

http://kaki-sara.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Meitina (MeTz) on Tue Jul 13, 2010 6:24 pm

Hahaha...
Hati-hati komplikasi tuh....

Meitina (MeTz)
Kelas 6 SD
Kelas 6 SD

Female
Number of posts : 635
Age : 31
Location : 1st-Jember, 2nd-Malang, 3rd-Jakarte
Job/hobbies : Be the best wife for my best husband
Humor : Parodi, Komedi, Jenaka
Registration date : 2007-11-11

http://empatbelas.forumotion.com

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by irman.restiadi on Tue Jul 13, 2010 8:49 pm

Meitina (MeTz) wrote:Hati-hati komplikasi tuh....
Betul...betul...betul...
Hati-hati kompilasi tuh...

irman.restiadi
Kelas 5 SD
Kelas 5 SD

Male
Number of posts : 538
Age : 32
Location : makassar city-south sulawesi
Job/hobbies : civil state employee
Humor : http://ketawa.com/
Registration date : 2007-10-29

http://www.pajak.go.id/

Back to top Go down

Re: Penyakit Bayi

Post by Sponsored content Today at 2:55 pm


Sponsored content


Back to top Go down

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum