Latest topics
» Assalamualaikum
Sat Nov 09, 2013 10:41 pm by umam

» Selamat Pagi
Fri Nov 08, 2013 1:50 pm by Tertio_kd

» Test dulu
Thu Nov 07, 2013 10:12 am by tanti

» Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Tue Sep 07, 2010 9:30 am by Meitina (MeTz)

» Let's Talk About Money!
Thu Sep 02, 2010 8:17 pm by irman.restiadi

» Kerugian Akibat Kurang Tidur
Thu Aug 26, 2010 7:06 pm by Ayu Puspita

» Kok sepi lagi....?
Thu Aug 26, 2010 7:03 pm by Ayu Puspita

» Vacation to Pulau Tidung
Thu Aug 26, 2010 3:41 pm by Eine

» Popok Kain a.k.a. Cloth Diaper Pempem!
Thu Aug 26, 2010 3:33 pm by Eine

Poll

Apa tujuan kamu gabung Forum 2002..?

59% 59% [ 22 ]
11% 11% [ 4 ]
8% 8% [ 3 ]
11% 11% [ 4 ]
11% 11% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Votes : 37

Who is online?
In total there is 0 user online :: 0 Registered, 0 Hidden and 0 Guests :: 1 Bot

None

[ View the whole list ]


Most users ever online was 40 on Wed Jul 07, 2010 4:03 pm

[Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

View previous topic View next topic Go down

[Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by umam on Tue Jun 03, 2008 8:39 am



”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah dia menciptakan untuk kalian dari anfus (jiwa-jiwa) kalian sendiri, azwaj (pasangan hidup), supaya kalian ber-sakinah kepadanya dan dijadikan-Nya diantara kalian mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (Q.S. Ar-Ruum : 21)

Itulah sebuah ayat dalam Al Quran yang seringkali ditulis dengan tinta emas di atas undangan sebuah pernikahan. Namun sedihnya, banyak diantara mereka yang tidak mengetahui makna dari ayat suci ini. Ternyata ayat ini menerangkan metode yang seharusnya kita jadikan plot (alur) dalam merayakan cinta. Ringkasnya, ada beberapa kata kunci yang ada pada ayat ini :

@ Min Anfusikum
Dari jiwa-jiwa kalian. Artinya, hal pertama yang dibicarakan Al-Quran tentang pernikahan dua manusia adalah kesejiwaan. Ruh itu, kata Nabi, seperti tentara. Jika kode sama, sandinya nyambung, meskipun belum saling melihat mereka pasti sepakat. Jika tidak, ya tembak dulu, urusan belakang. Sandinya saja sudah nggak nyambung. Nah, apa sih kode dan sandi untuk ruh? Komitmen kepada Allah dan agamanya. Itu saja. Itulah kesejiwaan

@ Azwaajan
Pasangan hidup. Tak berlama-lama sesudah kesesuaian jiwa, Al Quran segera mengatakan bahwa mereka harus menjadi suami istri. Banyak orang yang berpikir mereka harus mencari pasangan yang tepat agar hubungannya berhasil. Namun berpikirlah sebaliknya, berhentilah mencari orang yang tepat, dan jadikan orang yang disamping kita yang memang hebat itu menjadi orang yang tepat! Jadilah manusia yang lebih tinggi, yaitu manusia yang ”menjadikan”, bukan sekedar ”mencari”.

@ Litaskunuu ilaihaa
Supaya kalian tenteram, tenang padanya. Unik sekali. Kata hubung yang dipakai adalah huruf lam (”li”) yang menunjukkan otomatis. Kata Allah, kalau pernikahan dimulai dari kesejiwaan, maka otomatis seorang suami akan merasakan ketentraman pada istrinya, dan seorang istri akan merasakan ketenangan pada suaminya. Lalu, kenapa banyak rumah tangga yang tidak sakinah? Mungkin karena tidak dimulai dari kesejiwaan sehingga untuk sekedar tentram saja ikhtiarnya harus luar biasa keras. Apa sih sakinah itu? Sederhananya, sakinah inilah yang menyebabkan pernikahan disebut separo agama seseorang. Dengannya seorang insan bisa mengoptimalkan potensinya untuk menjadi ’Abdullah (hamba Allah), dan khalifah (pengelola nikmat-nikmatNya untuk kemaslahatan alam semesta). Tenteram karena gejolak syahwat telah menemukan saluran yang halal dan thayyib, tenang karena ada sahabat sejati yang siap mendukung perjuangan.

@ Waja’ala bainakum mawaddatan
Kemudian ada yang harus diproses, diupayakan, yakni mawaddah. Apa itu mawaddah? Hmmm....bahasa Indonesia dan bahasa Inggris memang kekurangan kosa kata untuk cinta. Hanya cinta dan love. Padahal bahasa Arab memiliki 14 istilah untuk cinta. Jika kita membandingkan pemaknaan Ibnul Qayyim Al Jauziyah terhadap mawaddah dalam buku Raudhotul Muhibbiin (Taman Orang-orang Yang Jatuh Cinta) dengan salah satu jenis cinta yang disebut Erich Fromm dalam The Art Of Loving sebagai cinta yang erotis-romantis. Nah, ternyata bisa disejajarkan. Jadi mawaddah adalah cinta yang erotis-romantis. Bentuknya bisa ekspresi yang paling batin sampai paling zahir, dari yang sifatnya emosional hingga seksual. Inilah mawaddah.

@ Wa (ja’ala bainakum) rahmatan
Yang harus diusahakan bukan cuma mawaddah tapi juga rahmah. Ini juga termasuk cinta, bukan sekedar kasih sayang. Cinta yang bagaimana? Inilah cinta yang memberi (bukan meminta), berkorban (bukan menuntut), berinisiatif (bukan menunggu), dan bersedia (bukan berharap-harap).
Lalu kenapa banyak pernikahan yang error? Biasanya karena plotnya kacau. Pernikahan tidak dimulai dengan kesejiwaan, tapi justru dengan mawaddah. Sebelum menikah mereka sudah menikmati cinta yang erotis-romantis. Nah, hati-hatilah dengan mawaddah. Biasanya, meski kita memulai cinta kita dengan kesejiwaan, jangan pernah coba-coba mencicipi mawaddah sebelum dihalalkan. Sebab, ia akan mengaburkan kesejiwaan itu dan membuat segalanya berantakan.

Sumber materi :
- Fenomena Ayat-ayat Cinta, Anif Sirsaeba El Shirazy.
- Raudhotul Muhibbiin, Ibnul Qoyyim Al Jauziyah.
- The Art Of Loving, Erich Fromm.

~ Untuk teman-teman yang akan menggenapkan separuh diennya, semoga senantiasa diberikan keberkahan dan kemudahan dari Allah Smile

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by AGUN on Tue Jun 03, 2008 2:27 pm

Jadi, Jadikan orang yang disamping kita yang memang hebat itu menjadi orang yang tepat! maksaudnyaaaa???

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by sap7 on Tue Jun 03, 2008 3:03 pm

disamping gue??? kanan apa kiri gun???

sap7
Kelas 2 SMP
Kelas 2 SMP

Male
Number of posts : 852
Age : 32
Location : Jakarta Indonesia
Job/hobbies : jakarta govt
Registration date : 2007-11-09

http://www.facebook.com/home.php?#!/ssatriaputra

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by maye on Wed Jun 04, 2008 12:22 pm

kanan kiri depan belakang donk!!

maye
Kelas 1 SMP
Kelas 1 SMP

Number of posts : 796
Registration date : 2007-11-13

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by AGUN on Wed Jun 04, 2008 9:27 pm

Atas atau bawah juga kalee Sap, May..Apaan coba??

Gimana nih Mam, provokatif aja gitu dong..

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by sap7 on Wed Jun 04, 2008 11:09 pm

sebelah tengah juga dong.. biar ga ada yg ketinggalan

sap7
Kelas 2 SMP
Kelas 2 SMP

Male
Number of posts : 852
Age : 32
Location : Jakarta Indonesia
Job/hobbies : jakarta govt
Registration date : 2007-11-09

http://www.facebook.com/home.php?#!/ssatriaputra

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by dendi on Fri Jun 06, 2008 12:03 am

kaya gini nih...yang harus disegerakan...

ane dukung mam!!!!!!!

SEMANGAT!!!!!!!!!!!

(hehehe... jadi propokatro...)

dendi
Kelas 3 SMP
Kelas 3 SMP

Male
Number of posts : 973
Age : 32
Location : Condet - Singapore
Registration date : 2007-10-20

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by umam on Fri Jun 06, 2008 1:45 pm

AGUN wrote:Jadi, Jadikan orang yang disamping kita yang memang hebat itu menjadi orang yang tepat! maksaudnyaaaa???
hmmm...maksudnya kalo nanti agun dah punya pasangan jiwa yang memang hebat, jadikan ia sebagai orang yang tepat gun! Jadi jangan kelamaan mencari yang tepat, tapi jadikan ia pilihan yang tepat Smile
atau ada yang punya penjelasan lainnya... Question

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by umam on Fri Jun 06, 2008 1:46 pm

dendi wrote:ane dukung mam!!!!!!!
wah...ane bukan cagub atau cabup den, jadi gak butuh dukungan Razz

_________________
Marketing Analyst
PT. Indosat - Jember

umam
Asisten Kepala Sekolah
Asisten Kepala Sekolah

Male
Number of posts : 861
Age : 31
Location : Jakarta
Job/hobbies : Commercial Analyst - PT Indosat
Registration date : 2007-10-21

http://umam1101.multiply.com

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by dwiratih_hartina on Fri Jun 06, 2008 4:30 pm

Artikelnya bagus banget ni (he3 terutama untuk seseorang yang sedang mencari pasangan jiwanya). Ternyata dalam satu surat di Al-Quran apabila dikaji lebih dalam, ternyata isinya bagus banget.

Umam, makaci ya untuk artikelnya.....

dwiratih_hartina
Play Group
Play Group

Female
Number of posts : 22
Age : 32
Registration date : 2008-06-06

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by AGUN on Fri Jun 06, 2008 8:37 pm

umam wrote:
AGUN wrote:Jadi, Jadikan orang yang disamping kita yang memang hebat itu menjadi orang yang tepat! maksaudnyaaaa???
hmmm...maksudnya kalo nanti agun dah punya pasangan jiwa yang memang hebat, jadikan ia sebagai orang yang tepat gun! Jadi jangan kelamaan mencari yang tepat, tapi jadikan ia pilihan yang tepat Smile
atau ada yang punya penjelasan lainnya... Question

Weits kang Umam...Sebenernya di Jember bener kerja di Indosat apa nggak sih....

Koq rasa-rasanya kayak trainer ato motivator pernikahan....Ato EO lagi haha....Monggo Mam, bulan apa??

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by AGUN on Fri Jun 06, 2008 8:39 pm

dwiratih_hartina wrote:Artikelnya bagus banget ni (he3 terutama untuk seseorang yang sedang mencari pasangan jiwanya). Ternyata dalam satu surat di Al-Quran apabila dikaji lebih dalam, ternyata isinya bagus banget.

Umam, makaci ya untuk artikelnya.....

ehm...ehm...Selamat ya, udah ada yang jadi apoteker...ITB lagi...ehm..ehm

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by dwiratih_hartina on Mon Jun 09, 2008 10:36 am

Selamat apa ni gun??? Langsung aja ke orangnya, tp klo nnt ketemu aku salamin & kaci tau de ucapan selamat dari Agun.

dwiratih_hartina
Play Group
Play Group

Female
Number of posts : 22
Age : 32
Registration date : 2008-06-06

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by AGUN on Mon Jun 09, 2008 2:50 pm

oke deh..thks Mba Titi...

AGUN
Kelas 2 SMA
Kelas 2 SMA

Male
Number of posts : 1167
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-01-15

Back to top Go down

Re: [Islam]Pasangan Jiwa (Kajian Ar Ruum : 21)

Post by Sponsored content Today at 9:08 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum